Home » » Tips menghentikan CHKDSK yang selalu berjalan ketika windows booting

Tips menghentikan CHKDSK yang selalu berjalan ketika windows booting

chkdsk adalah salah satu fitur dari Microsoft Windows yang bertugas melakukan pengecekan terhadap Hard Disk yang kita miliki, apakah memiliki gangguan atau bad sector, biasanya perintah ini dipanggil bila Windows tidak dishutdown secara sempurna, atau di restart tidak secara prosedur..
hard drive tersebut akan di mark oleh windows sebagai "dirty" drive dan akan memanggil perintah chkdsk untuk membersihkannya..

untuk menghilangkan chkdsk ini kita dapat menggunakan perintah dibawah ini pada Command Prompt,

chkdsk /F

namun, ada kalanya chkdsk ini "menyangkut", proses scanning tidak bisa diselesaikan dan hang saat proses scanning..

maka ada baiknya menggunakan tools lain untuk melakukan pengecekan terhadap hard disk anda apakah memiliki bad sector atau kerusakan lainnya..

namun bila anda yakin hard disk anda tidak rusak dan Windows anda tetap menganggap drive anda "dirty" maka ada perintah yang dapat dipanggil untuk membantu mengatasi problem ini,yaitu :

chkntfs /d

perintah ini akan merestore kembali pada kondisi semula dan menghapus perintah chkdsk yang menumpuk atau tidak perlu dilaksanakan lagi

namun, perintah ini pun belum tentu mengatasi masalah chkdsk yang selalu muncul pada setiap booting. maka gunakan perintah :

chkdsk /X (drive yang mengalami chkdsk terus menerus), Contoh :

chkdsk /X C: atau

chkdsk /X D:

Semoga Bermanfaat
Bila Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TTIGA Blogs

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Ryan Anggowo | Tio Dwianto | TTIGA Blogs
© Tips Trick Information Games and Application - Tips Trik Informasi Games dan Aplikasi
Template By maskolis Di Modifikasi Oleh Ryan Anggowo